Selasa, 23 Mei 2017

Takut Data Penting Anda HIlang? Coba Cara Ini!!!



Banyak orang yang mempunyai data penting baik itu dalam file, foto, maupun video. Biasanya orang orang yang memiliki data penting adalah berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan karyawan kantor. Apakah anda termasuk dari orang orang diatas ?

Hal yang membuat kebanyakan takut orang orang seperti diatas adalah mereka takut akan hilangnya data penting mereka, baik hilang dikarenakan virus, kesalahan orang lain, kesalahan yang dibuat tidak sengaja yang membuat data pentingnya hilang, hilangnya media penyimpanan data anda, atau timbulnya kerusakan yang mengakibatkan file tersebut hilang atau rusak. Kebanyakan orang berfikir jika telah terjadi kesalahan tersebut tentang bagaimana cara agar data penting mereka aman. Nyatanya, mencari data penting yang hilang tersebut sangat sulit untuk menemukannya kembali meskipun ada beberapa orang yang beruntung menemukannya kembali. Disini kami akan memberikan tips dan cara agar data penting anda aman :
1.       Simpan data penting di penyimpanan online

Dengan menyimpan data penting ada di layanan penyimpanan online, anda dapat menyimpan data penting anda dengan ukuran maksimal yang ditentukan. Salah satu contoh penyedia layanan penyimpanan online dengan kredibilitas dan banyak penggunanya adalah Google Drive.  keuntungan anda menyimpan di penyimpanan online adalah system keamanan yang mumpuni sehingga data penting ada akan aman dan anda dapat menyimpan bahkan mengambil file anda dimanapun dan kapanpun dengan syarat terhubung dengan koneksi internet. Berikut tips menyimpan data di penyimpanan online :

1. Jangan simpan data yang berhubungan dengan data pribadi anda, simpanlah data pekerjaan anda saja. Hal ini dikarenakan data pribadi anda rawan terlihat oleh orang termasuk penyedia layanan penyimpanan online itu sendiri.

2. Jangan menyimpan data tentang keuangan, seperti no rekening, buku tabungan dan lain lain. Hal ini untuk menghindari akun keuangan anda di simpan secara illegal oleh pihak tak bertanggung jawab.

3. Jangan mudah tertarik dengan tawaran website yang anda tidak kenal yang menawarkan jasa penyimpanan data online. Bisa jadi salah satu website itu merupakan kedok agar anda mengupload data anda dan mereka dengan leluasa mengendalikan data anda. Lebih baik pilihlah penyedia layanan jasa penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, Skydrive.

4. Berikan password yang sulit ditebak orang lain, tak perlu panjang dan tak boleh pendek. Buatlah password yang rumit agar orang tak pernah terpikirkan  apa password anda sebenarnya. Ingatlah password yang anda buat dan jangan menulisnya di catatan baik pada smartphone maupun komputer anda.

5. Jangan mengatur browser yang sering anda pakai untuk mengingat password penyimpanan online anda, ini juga berlaku untuk akun akun anda yang berhubungan dengan login menggunakan password. Hal ini untuk menghindari orang yang menggunakan komputer anda untuk masuk secara bebas ke akun anda.

6. Ingat lah untuk log out akun penyimpanan online anda sebelum anda meninggalkan smartphone atau komputer anda.

2.       Buatlah backup dengan men copy data penting ke beberapa partisi

jika anda ingin pilihan lain selain penyimpanan data secara online. Cara ini mungkin pilihan lain yaitu copy data data penting anda dan paste data tersebut ke partisi lain. Sebagai contoh anda memiliki partisi C (system) , D ,dan E. maka anda harus copy paste file anda ke partisi D dan E. jika anda memiliki file penting di smartphone, alangkah baiknya anda copy paste file tersebut ke komputer anda. Hal ini bertujuan jika salah satu file anda hilang, anda sudah mempunyai backup file tersebut.

3.       Backup ke media penyimpanan external

Ini juga salah satu cara yang ampuh untuk membackup data penting anda, namun cara ini juga riskan membuat data penting anda terganggu. Jika anda sembarangan mengkoneksi kan media penyimpanan eksternal anda ke sembarang komputer. Bukan hal yang tak mungkin jika media penyimpanan anda akan terkena virus yang merugikan data penting anda. Cara ini tidak begitu kami rekomendasikan kepada anda.

jika anda ingin lebih aman dan jauh dari virus, mungkin anda harus menggunakan cara lama yaitu dengan menyimpan file anda ke CD atau DVD. Copy atau burn file anda ke dalam CD atau DVD, cara ini ampuh agar virus tidak dapat masuk karena dipatenkan di dalam kepingan CD atau DVD. Setelah tersimpan anda bisa memperbanyak kepingannya dan simpan di tempat yang aman untuk tujuan backup.
Sekian tentang tips dan trik menghilangkan ketakutan hilangnya data penting anda. Semoga bermanfaat……
Kunjungi Juga >>>>>>>DATA RECOVERY JAKARTA<<<<<<<<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar