Selasa, 20 Maret 2018

Trik Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaPada saat memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi sebuah faktor prioritas yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Berdasarkan yang harus dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih ragam server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Trik Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa memastikan jenis server yang tepat untuk bisnis  Anda.
Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam 4 bagian, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak digunakan karena formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai kekuatan cadangan untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga dapat menampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih pesat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Model Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server model ini memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan macam ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu mengaplikasikan suplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu jenis server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal supaya server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar