Senin, 05 Juni 2017

AYO!!! BERANTAS BERITA HOAX!!!



Internet cepat saat ini semakin berkembang pesat dan semuanya menjadi serba online, termasuk berita online. Tapi, berita online belum sepenuhnya akurat karena banyak di media online terdapat berita burung atau berita hoax.
Berita Hoax adalah berita tipuan yang tidak sesuai dengan fakta yang ada dan bertujuan untuk mengakali pembaca atau agar pembaca tersebuy percaya pada berita tersebut, biasanya penyebar berita hoax telah mengetahui bahwa berita yang ia sebar adalah palsu. Berita hoax sangat berbahaya karena dapat memicu konflik dan menimbulkan perpecahan. Ada banyak jenis berita hoax yang sering terebar di internet seperti berita hoax tentang meninggalnya seseorang, kabar seseorang, kegiatan seseorang, dan fitnah yang ditujukan kepada seseorang atau organisasi.

Pemicu Berita Hoax yang sering dilakukan

  • Cuma Baca Judul
    Kebiasaan masyarakat saat ini hanya membaca judul berita saja dan langsung mengambil kesimpulan. Lalu mereka akan memberitahu orang lain, dan begitulah seterusnya dan berita hoax tersebut tersebar sangat cepat.
  • Malas mencari info
    Ketika kita sudah membaca suatu berita kamu enggan untuk mencari info lebih mendalam mengenai berita tersebut dan kamu hanya berpatok pada berita itu.
  • Gampang percaya
    Memang baik untuk mempercayai sesuatu tapi kita harus cerdas juga dan selidiki lagi apakah berita tersebut harus dipercaya atau dilaporkan.
Kira-kira gimana sih cara kita agar terhindar dari berita hoax?

  • Waspada dengan judul yang provokatif
    Biasanya menulis artikel atau berita dengan judul provokatif dinilai akan menarik pembaca, tapi kamu harus hati-hati dengan judul semacam itu biasanya penulis akan membawa nama tokoh pada judul tersebut dan mengandung SARA.
  • Periksa alamat situs
    Biasakan membaca berita melalui situs resmi, karena biasanya berita hoax tersebar melalui situs tak resmi. Tapi bukan berarti semua berita di situs resmi tidak terdapat berita hoax, maka dari itu setiap kamu membaca berita perhatikan apakah berita itu netral atau memihak jika terdapat yang ganjil lebih baik tinggalkan.
  • Bandingkan
    Bandingkan berita yang kamu baca pada situs tersebut dengan situs lainnya atau kamu bisa bandingkan dengan kondisi di lapangan.
  • Cek Keaslian foto
    Jika terdapat foto pada portal berita tersebut, kamu berhak mengeceknya. Dizaman yang sudah canggih, sudah banyak situs atau aplikasi pendeteksi keaslian gambar contoh saja google image.
  • Laporkan
    Jika kamu menemukan berita hoax sebaiknya kamu laporkan pada situs pelaporan berita hoax.
  • Ikut forum anti hoax
    Dengan kamu mengikuti suatu forum anti berita hoax kamu akan mendapatkan info mengenai berita hoax dan kamu bisa bertanya serta berbagi info tentang berita tersebut.

 Kita harus bijak dalam menggunakan internet dan kita harus lebih pintar dalam menganggapi berita di internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar