Kamis, 15 Maret 2018

Cara Menentukan Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaPada saat memulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu unsur penting yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat menetapkan model server yang tepat untuk jasa  Anda.

Cara Menentukan Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 golongan, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan sebab formatnya yang ramping dan mudah dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai pc antara dua puluh hingga seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai kekuatan cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini sanggup melakukan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur metode pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan besar. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri kalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Macam server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar