Selasa, 20 Maret 2018

Kisi-kisi Memilih Macam Server yang Pantas dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard BandungKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu elemen utama yang mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Berdasarkan yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih variasi server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan macam server yang layak untuk usaha  Anda.

Kisi-kisi Memilih Macam Server yang Pantas dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat bagian, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena formatnya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Macam server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pemakai pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur metode pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga mampu meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server model ini memiliki keistimewaan tersendiri apabila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini dapat memakai penyuplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berpengaruh pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar