Senin, 20 Februari 2017

5 Tips Ampuh Merawat Sepatu Kulit

Primer Lem Sepatu - Siapa yang tak suka dengan sepatu kulit? Semua orang pasti suka memakai sepatu kulit karena ciri khas bahannya yang halus dan lembut. Namun tak jarang pula sepatu kulit sering rusak karena faktor bahannya yang asli dan sembarangan merawatnya. Selain itu, sepatu kulit juga identik dengan fashion dan lifestyle (gaya hidup) orang jaman sekarang. Tapi apa kalian tahu cara merawat sepatu kulit dengan baik dan benar? Belum tahu? CEKIDOT!!

1. Kenali Jenis Kulit Sepatu 


Kita harus tahu betul kulit jenis apa yang menjadi bahan sepatu kita. Entah itu kulit sapi, kambing, domba, ular, buaya, dan lain - lain. Karena setiap sepatu kulit memiliki perawatan yang berbeda - beda dan tidak sama. Kenali pula kualitas kulit sepatu kita, apakah kulit itu asli atau kw? Kalau kulit itu kualitas asli, seharusnya akan lebih mudah untuk merawatnya. Kita juga harus tahu apakah sepatu kulit kita tahan lama akan perubahan cuaca atau tidak. Selain itu, kenali juga sifat sepatu kulit kita. Apakah elastis dan nyaman atau sebaliknya. Tingkat kelembapan udara juga seringkali mempengaruhi kulit sepatu tersebut.

2. Jangan Asal Menata Sepatu


Kalau kita ingin sepatu kulit kita tetap terlihat elegan dan menarik, maka hendaknya jangan menyimpan sepatu secara sembarangan. Saat ditata di rak sepatu, jangan terlalu mendekatkan sepatu kulit ke sepatu lainnya. Dibiasakan diberi jarak agar sepatu kulit kesayangan kita tidak tergores atau jadi rusak karena gesekan antara sepatu kulit dengan sepatu lainnya. Kan tidak lucu kalau sepatu favorit kita rusak hanya gara - gara tergesek.

3. Jangan Menyimpan di Tempat Lembab


Yang namanya sepatu kulit pasti cepat atau lambat pasti akan rusak. Hal ini biasanya disebabkan karena kita menyimpan sepatu di tempat yang udaranya lembab dan sempit. Contohnya di dalam kotak. Sekalipun terpaksa, jangan lupa simpan silica gel bersama sepatu kulit kalian. Silica gel berfungsi untuk menghindari lembab dan jamur. Karena jika sepatu kalian lembab dan berjamur, pasti terasa gatal  dan mengeluarkan bau tidak sedap sehingga membuat kita malu untuk memakainya. Kulit sepatu pun akan menjadi lapuk dan lama kelamaan akan rusak.

4. Pelajari Cara Mencuci dan Mengeringkan Sepatu 


Jangan asal mencuci sepatu kulit kalian. Ingat, ini sepatu kulit bukan sepatu biasa! Cara merawatnya saja beda, apalagi cara mencucinya. Kalau ingin mencuci sepatu kulit, sangat disarankan menggunakan sponge atau sikat khusus yang halus dan tidak menyebabkan kulit sepatu menjadi tergores atau rusak. Dan apabila ingin dikeringkan, jangan menjemur sepatu kulit kalian terlalu lama 
saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan kulit sepatu jadi mudah pecah serta bolong. Jika kalian ingin menggunakan dryer (pengering), hendaknya lapisi sepatu kulit kalian terlebih dahulu dengan koran bekas supaya mencegah panas berlebih ke lapisan kulit sepatu. 

5. Semir Sepatu Agar Tetap Menarik


Ini merupakan hal terpenting. Agar sepatu kulit tampak menarik dan mengkilap, kita harus menyemir sepatu kulit kita. Dengan begitu, sepatu kulit kita akan nampak berkesan dan terlihat baru serta enak dipandang. Namun, cari produk semir sepatu yang sudah terbukti mempertahankan warnanya. Belilah semir sepatu yang cocok dan sesuai dengan warna kulit sepatu kalian agar tidak merusak warna. Dan saat menyemir. biasakan menyemir satu arah agar alur sepatu kita tidak berubah dan nampak alami. Selain itu agar sepatu kulit kita tahan lama kita dan tidak mudah retak, disarankan menggunakan produk yang tujuannya melapisi kulit agar terhindar dari perubahan cuaca serta terik matahari. 

Itulah lima tips ampuh yang bisa kita coba agar sepatu kulit kita tidak mudah rusak. Sepatu kulit memang menjadi sepatu unik, bukan karena identik dengan fashion. Namun juga elastis dan nyaman dipakai. Walaupun memang perawatannya cukup ribet, tapi kalau sudah terbiasa pasti lebih mudah. Jangan sampai sepatu kesayangan kita jadi berjamur dan lembab hanya karena masalah sepele. Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar