Selasa, 14 Februari 2017

Canggihnya Teknologi 5G Yang Digadang - Gadang!!

Internet Cepat - Di zaman yang serba canggih ini revolusi teknologi dan komunikasi makin gencar dilakukan, contohnya adalah jaringan 4G, LiFi, AeroMobile, Artificial Intelligence, dan lain - lain. Karena revolusi teknologi semakin merajalela, kabarnya ada teknologi yang digadang gadang dapat merevolusi semua versi teknologi komunikasi, yakni Teknologi 5G. Namun apa itu teknologi 5G? Daripada penasaran, LET'S CEKIDOT!!

1. Apa itu 5G?


5G berarti fifth generation atau generasi kelima dari teknologi komunikasi yang diklaim akan menggantikan peran teknologi keempat atau 4G. Saat ini, 5G tidak menunjuk ke tipe teknologi tertentu. Ketika 4G memiliki sinonim dengan LTE (Long Term Evolution), belum ada standar jaringan 5G yang disepakati bersama. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan. Jika dibandingkan dengan koneksi 4G, kualitas utama dari jaringan 5G adalah kecepatannya jauh di atas 4G. Kecepatannya akan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan yang ada saat ini.


2. Secepat Apa 5G?


Dibandingkan 4G yang kecepatannya hanya mampu mencapai 100 Mbps, 5G diklaim mampu mencapai 40 kali lebih cepat. Spekulasi tentang kecepatan jaringan 5G muncul beragam, namun beberapa pemain kelas kakap industri ini menggambarkan tentang seberapa cepat 5G. Samsung mengklaim kecepatan 5G sebesar 7,5 Gbps sementara Nokia mengklaim 10 Gbps, sedangkan tahun lalu, kecepatan 5G yang ditangani oleh University of Surrey mencapai 1 Tbps, sebuah kapasitas yang sama dengan fiber optik. Ini amat sangat menakjubkan untuk jaringan nirkabel. Namun, semua pengujian itu masih dilakukan di laboratorium. Yang dibutuhkan adalah perkiraan kecepatan akhir pengujian 5G di lapangan.

Dengan kecepatan tersebut, kita bisa menonton video streaming Ultra HD tanpa lemot dan lancar. Mau download film atau game pun mungkin hanya dalam hitungan beberapa detik atau 1 menit. Cukup keren, kan?



3. Kapan Kira - Kira Dapat Hadir?


Mayoritas ahli memperkirakan jatuh pada tahun 2020 sebagai awal peluncuran teknologi jaringan 5G.

Rasanya tepat jika industri mobile akan mengkomersilkan jaringan 5G pada tahun 2020, ” kata Takehiro Nakamura dari NTT Docomo di lokasi uji coba jaringan 5G bulan Oktober 2015 lalu. Sementara Huawei ingin mengembangkan standar 5G bisa berfungsi pada tahun 2018, meskipun tentu saja rasanya mungkin belum bisa dihadirkan pada tahun itu. Untuk saat ini teknologi 5G masih dalam penelitian dan pengujian lebih lanjut di Korea Selatan. Bahkan jaringan 5G di Negeri Ginseng itu 1.000 kali lebih kencang dibanding 4G.

Dan untuk di Indonesia, sepertinya kita akan mengalami revolusi dari 2G ke 4G dulu. Walaupun banyak pihak pesimis akan revolusi 5G di Indonesia, namun menurut Dr Agung Harsoyo dari BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), revolusi ke 5G akan berjalan cepat. " Saat migrasi ke 3G memang cukup lama, tapi semakin cepat di 4G. Begitula dengan 5G, akan lebih cepat lagi," kata Agung.

Menurutnya, revolusi dari 4G ke 5G akan berjalan cepat apabila semua rakyat Indonesia sudah tidak lagi menggunakan handphone jadul 2G dan semua daerah di seluruh Indonesia sudah menggunakan 4G. Kita harus optimis akan kemajuan zaman dan jangan sampai tertinggal. Sekalipun tertinggal kita harus berusaha untuk mengejar ketertinggalan kita agar tidak diremehkan oleh negara maju lainnya.


Itulah penjelasan seputar 5G. Teknologi 5G memang ditunggu - tunggu, dan sepertinya memang akan membawa perubahan besar pada kehidupan terutama teknologi komunikasi dan informasi. Internet pasti akan lebih lancar dan cepat secepat kilat. Namun kita harus menggunakannya untuk tujuan yang baik, jangan sampai menyalahgunakan kemewahan teknologi yang sudah susah payah kita temukan lalu malah menghancurkan kita. Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar