Rabu, 28 Februari 2018

Trik Memilih Model Server yang Layak dengan Usaha Anda

Simplivity Hyper ConvergenceDikala memulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi sebuah elemen utama yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan jenis server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau cuma diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Trik Memilih Model Server yang Layak dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 bagian, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini umumnya dipakai dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan gampang ditaruh pada rak server.
Model server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna pc antara 20 hingga seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingikan dengan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat melakukan beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga mampu menampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih besar. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server model ini mempunyai keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan tipe ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menerapkan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web isu, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal supaya server bisa bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa diandalkan setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berakibat pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar