Rabu, 28 Februari 2018

Kiat-kiat Memilih Model Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Harga Server unbkPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu elemen penting yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang patut dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih jenis server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan high, sedang, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan tipe server yang cocok untuk usaha  Anda.

Kiat-kiat Memilih Model Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server model ini umumnya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan karena wujudnya yang tidak memakan tempat dan mudah dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pemakai computer antara dua puluh hingga seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengontrol metode pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan pesat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server jenis ini mempunyai keistimewaan tersendiri jikalau dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menerapkan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka kalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Macam server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website kabar, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server paling tinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu pengguna yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa diandalkan setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar