Kamis, 09 Maret 2017

Paket 4G Atau 3G? Pilih Yang Mana?

Spesifikasi Komputer UNBK - Belakangan ini banyak yang membahas jaringan 5G yang super cepat yang pastinya ngalahin jaringan 4G. Namun, di negara kita masih menerapkan jaringan 4G sebagai jaringan tercepat di indonesia. Nggak jarang juga yang menggunakan  jaringan 3G atau 2G. Nah, daripada bahas jaringan 5G yang belum bisa kita cicipi mending kita bahas jaringan 4G dan 3G aja.

Sumber : Google
Jaringan 3G

Jaringan 3G merupakan evolusi dari jaringan GPRS yang mampu menyediakan high speed data service. Jenis data yang dapat dikirim tidak hanya teks dan angka melainkan gambar diam, gambar bergerak dan suara. Selain itu, orang - orang juga masih banyak yang menggunakan 3G dibandingkan 4G. Entah karena mesih belum maksimalnya perkembangan teknologi 4G di Indonesia atau karena pengguna masih comfort dengan jaringan 3G.

Kecepatan jaringan 3G saat ini sekitar 14Mbps downlink dan 5,8Mbps uplink. Jaringan 3G juga mudah ditemukan karena tidak perlu repot - repot menggunakan smartphone dengan kapasitas jaringan 4G. Namun, kecepatannya jaringannya memang masih kalah dengan jaringan 4G. Jaringan 3G juga merupakan campuran dari jaringan sirkuit dan jaringan paket switching. Sirkuit merupakan teknologi yang sangat tua yang digunakan dalam sistem telepon dalam waktu yang sangat lama.

Jaringan 4G

Meski jaringan ini sudah dapat kita nikmati di Indonesia tapi masih sedikit yang menggunakannya kecuali di kota - kota. Jaringan ini  menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melaului banyak operator spektrum radio yang masing-masing sebesar 180 kHz. Teknologi LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink 75 Mbps.

Kalau untuk penggunaan teknologi, 4G hanya menggunakan jaringan paket switching saja. Dengan jaringan paket switching, perusahaan dapat meminimalkan percakapan lebih ke dalam bandwith yang sama sehingga menjadi lebih efisien. Sebenarnya, jaringan paket switching dulunya digunakan untuk teknologi komputer saja. Namun, entah karena apa sekarang jaringan paket switching digunakan juga pada ponsel.


Sebenarnya, jaringan 4G memang menang dibandingkan jaringan 3G. Namun, karena paket 4G lebih mahal daripada 3G dan mengharuskan orang mengupdate perangkat masih banyak yang bertahan pada jaringan 3G. Saya sendiri juga masih menggunakan jaringan 3G karena android saya masih 3G juga. Sekian artikel ini saya tulis semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar