Senin, 12 Desember 2016

Kabel UTP, COAXSIAL, dan Jaringan Wirelles

It solution Jakarta - Kalian udah pada tau kana pa itu kabel UTP dan kabel jenis lainnya yang biasa di gunakan untuk menyambungkan ke jaringan internet  tapi ada juga tuh yang tau tapi belum tau penjelasannya. Karna itu saya akan memberitahu informasi seputar kabel UTP dan kabel jenis lainnya.

Kabel UTP atau biasa kita sebut dengan kabel unshielded twisted-pair adalah sebuah jenis kabel yang dapat di pakai untuk beberapa instalasi . kabel jenis ini terbuat dari bahan tembaga yang di lapisi dengan plastic sehingga dapat menghantarkan bahan isolasi yang mampu melindungi dari kerusakan api sekaligus fisik.

Kelemahan dari  UTP sendiri
- attenuasi akan sangat meningkat jika frekuensinya tinggi
- pada ukuran frekuensi tinggi, akan terjadi yang namanya keseimbangan sehingga itu tidak akan dapat mengkompensasi, dan ini akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Kelebihan dari kabel UTP ini adalah
di dalam satu kabel UTP sendiri memiliki satu lapisan kabel yang berfungsi untuk melindungi kabel secara internal. Selain dapat di lilitkan kabel UTP juga memiliki beberapa poteksi terhadap interferensi sinyal dari luar kabel yang lapisan itu berupa kertas alumunium , sebelum jaket pembungkus luar.

Fungsi dari kabel UTP sendiri
sebagau media dari transmisi yang dapat di gunakaan untuk berbagai peralatan elektronik dan dapat menghubungkan antara pengirim dan penerima data tersebut.

Kabel coaxsial
adalah sebuah jenis kabel yang memiliki 2 buah penghantar konduktor yang berupa kabel solid yang di buat dari bahan tembaga. Kemudian kabel ini di lapisi dengan sekat isolator yang dapat di lilit kembali oleh sebuah penghantar yang berupa kabel serabut yang bahan dasarnya adalah tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luarnya.

Fungsi dari kabel ini sendiri adalah sebagai menstramisikan data frekuensi dengan tingggi.
Biasanya kabel ini di gunakan untuk antenna televise, antenna pemancar radio dan lain sebagainya.

Jaringan wireless adalah sebuah teknologi yang telah di hubungkan dengan dua piranti untuk bertukar data dan informasi tanpa memerlukan sebuah kabel.

Kelebihan dari jaringan wireless ini adlaah untuk mengeliminasi sebuah penggunaan kabel yang bisa cukup mengganggu secara estetika dan kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar