Kamis, 15 Maret 2018

Kiat-kiat Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaPada saat mulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini dapat menjadi satu faktor penting yang mempertimbangkan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Berdasarkan yang seharusnya dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan variasi server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk kebutuhan rumit, sedang, atau cuma dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan jenis server yang sesuai untuk usaha  Anda.

Kiat-kiat Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat bagian, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini umumnya diterapkan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan karena wujudnya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara dua puluh sampai seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server macam entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai energi back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga dapat menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun begitu server jenis ini memiliki keunggulan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal supaya server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada performa bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar